Senin, 04 Februari 2013

Sedikit postingan malam

Hai hai.. udah lama enggak ngepost di blog ini, syukur deh belum terlalu kadaluarsa ini blog :p
Ngomong-ngomong nih, sekarang tanggal 4 Februari itu hari kanker sedunia! Ya mungkin kalian udah banyak yang tau kalo hari ini itu ada peringatan tahunan tentang penyakit-yang-kalian-semua-tau-itu-berbahaya. Kanker, kalo bahasa inggris disebut cancer yaitu penyakit ganas yang ditandai kelainan siklus sel khas yang membuat sel tersebut tumbuh tidak terkendali. Selain dapat tumbuh tidak terkendali, sel tersebut dapat menyerang jaringan biologis di dekatnya. Kanker itu berbeda dengan tumor jinak lho, sebagian kanker memang membentuk tumor jinak. Terus yang gue tau kanker itu bisa terjadi dengan siapa saja, mengingat di jaman modern ini teknologi semakin berkembang. Dan kayaknya sudah jadi hukum Tuhan, kalo perkembangan teknologi berbanding lurus dengan perusakan alam. Contohnya, gedung-gedung bertingkat nan canggih yang memiliki lampu LED luar biasa terang benderangnya saat malam, tapi dibelakangnya ada gudang tempat pembakaran barang mentah yang mengeluarkan kepulan asap hitam dan menyebar disekitarnya. Atau sebuah pabrik coklat terbesar dengan hasil coklat yang luar biasa crunchy serta memiliki aroma yang khas, tapi tidak memperhatikan pembuangan sisa-sisa bahan kimia yang digunakan untuk menghasilkan coklat tersebut dan tanpa sengaja mengalir ke sungai-sungai yang juga mengaliri perumahan masyarakat. Dan yang paling sederhana yaitu rokok. Rokok mungkin udah masuk kedalam snack sehari-hari bagi sebagian besar orang di dunia. Iya, sehari gak ngerokok, bibirnya berasa asam kayak abis nyium ketek. Gue enggak nyalahin atau memandang rendah orang perokok karena itu hak mereka. Dan gue juga enggak nyalahin pabrikan rokok yang walaupun udah tau kalo rokok itu menyebabkan impotensi, tapi malah diperbesar jaringan distribusinya. Ayah gue perokok. Ayah gue mulai ngerokok pas udah kerja kantoran, dari mulai rokok yang mengandung nikotin yang besar sampe rokok herbal. Tapi sekarang timing ayah gue ngerokok udah berkurang, syukurlah. Gue gimana? Jujur, gue dulu pernah nyobain itu "barang" pas jaman SMA. Ya semua pasti pernah ngerasain masa-masa nakalnya SMA, mulai kenal rokok, mulai pake pakaian yang kurang bahan sampe keliatan paha atau pundaknya. Tapi gue sadar kalo masa-masa nakalnya SMA itu buat jadi masa-masa renungan di waktu kuliah (ciee renungan...). Tapi sekarang alhamdulillah gue bukan perokok dan gue juga enggak pake baju yang kekurangan bahan. Gue emang bukan anak kedokteran, jadi kurang begitu ngerti dampak paling buruk dari penyakit ini. Tapi yang gue tau, gue, kalian, kita harus jaga kesehatan baik-baik karena kanker bukan penyakit yang dapat dengan mudah hilang abis minum vitacimin. Dan bagi teman-teman diluar sana yang sedang berjuang melawan serangan "monster ganas" yang membayangi sel-sel tubuh kalian, semoga kalian kuat dan tetap ingat bagaimanapun perjuangan kalian akan menginspirasi orang-orang lain yang belum tentu kuat dalam menghadapi penyakit kanker ini.

best regards, cowok yang hidup di jaman modern

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar